Sabtu, 10 November 2012

Penjelajahan antar bintang “The Final Frontier of Humanity”

 

Kalau kita pernah nonton film scifi yang bertemakan tentang angkasa luar, seperti film “star wars”, “StarTrek” dll, kalian pasti ingat kan bagaimana mereka dalam melakukan perjalanan angkasanya agar sampai ke tujuan dengan cepat, ada yang memakai “lubang cacing” atau istilahnya “wormhole” ada juga yang memakai pesawat dengan kecepatan atau mendekati cahaya dan lain – lainnya dan banyak pula teori  - teori yang bermunculan tentang jalan singkat menuju sistem bintang lainnya.

Star-Trek-gallery-ships-1719 

Pesawat USS Enterprise dalam film “startrek”, peswat ini mengguankan kecepatan cahaya yang luar biasa untuk mencapai tujuan.

ImagesCAANPGRA

Quantum gate teleporter dalam game “supreme commander

bayangkan betapa mudahnya mereka melakukan perjalanan antar bintang hanya cukup menekan tombol atau masuk ke lubang cacing ada pula yang menggunakan dengan cara masuk kedalam sebuah gerbang antar bintang, dalam sekejap mereka sudah sampai di tujuan yang mungkin jaraknya bisa bertahun – tahun cahaya.

tapi dalam kenyataanya mewujudkan teknologi seperti yang ada di film – film tersebut masih sebatas impian. untuk menggapai bintang terdekat dari sistem tata surya kita yaitu Alpha centaury dengan jarak 4,3 tahun cahaya atau setara dengan 25,6 triliun mil atau sama saja dengan 300,000 kali jarak antara bumi dan matahari kalau di beri pengandaian bayangkan bahwa bumi itu sebesar butir pasir di pantai maka kira – kira ada 10 km untuk bisa ke alpha centaury. jarak yang amat jauh tersebut di tengarai karena begitu luasnya ruang antar bintang, atau kita bisa menyebutnya ruang kosong yaitu ruang antar bintang dimana sudah tidak ada lagi pengaruh energi ataupun cahaya dari bintang dan di perkirakan wahana voyager 1 sedang mendekati wilayah ini. (sumber :http://earthsky.org/space/alpha-centauri-travel-time).

Dengan roket konvensional yang ada sekarang diperkirakan butuh waktu ratusan ribu tahun unuk mencapai sistem alpha centaury. rasanya tidak mungkin membawa manusia untuk melakukan perjalanana antar bintang dengan teknologi yang ada sekarang ini. namun sekarang ilmuwan sedang meneliti bahan bakar alternatif yang jauh lebih cepat dan efisien untuk membangun wahana yang bisa membawa manusia ke era yang baru, yaitu Era penjelajahan angkasa luar.

mungkin tulisan ini hanyalah pembuka bagi tulisan – tulisan saya tentang bagaimana menggapai cita – cita manusia menjelajah bintang – bintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar