Minggu, 29 Januari 2012

Mari Mengenal Supply Chain Management

Kalau kita bicara bicara tentang Supply Chain Management sebenarnya ini bukan merupakan hal yang baru dalam hidup kita. ehm….kok bisa ya? ya memang karena tanpa kita sadari sebenarnya baik secara langsung maupun tidak langsung kita terlibat dalam sebuah proses besar yang kita sebut Supply Chain Management.

Sourcing-SupplyChainManagement 

 

 

 

 

 

Sebagai contoh ketika suatu saat kita ingin membeli sebuah produk makanan di suatu toko  namun ternyata barang yang kita inginkan sudah habis. Nah kita sebagai konsumen pasti merasa tidak puas akan pelayanan toko tersebut. Padahal belum tentu itu semua terjadi akibat kesalahan toko  tersebut. Karena aktivitas ini berkaitan erat dengan kehidupa kita sehari – hari apalagi dampak nya  bisa terjadi pada masyarakat, perusahaan/organisai bahkan individu. Oleh karena itu di perlukan suatu manajemen pengelolaan logistik yang baik.

Definis SCM Menurut :

Simachi-Levi et al: SCM merupakan serangkaian pendekatan yang di tetapkan untuk mengintegrasikan supplier, pengusaha, Gudang (warehouse) dan tempat penyimpanan lainnya secara efisien sehingga produk yang dihasilkan dan di distribusikan dengan kuantitas yang tepat, lokasi yang tepat dan waktu tepat untuk memperkecil biaya dan memuaskan kebutuhan pelanggan. (Dikutip dari Manajemen logistik dan Supply chain management, Miranda, S.T.)

Ross 1998: SCM adalah filosofi manajemen yang secara terus menerus mencari sumber – sumber fungsi bisnis yang kompeten untuk digabungkan baik dalam perusahaan maupun luar perusahaan seperti mitra bisnis yang berada dalam satu supply chain untuk memasuki sistem supply yang berkompetitif tinggi dan memeperhatikan kebutuhan pelanggan, yang  berfokus pada pengembangan solusi inovatif dan sinkronisasi aliran produk, jasa dan informasi untuk menciptakan sumber nilai pelanggan yang bersifat unik. (Dikutip dari Manajemen logistik dan Supply chain management, Miranda, S.T.)

dari beberapa pengertian di atas kita ambil kesimpulan bahwa Supply Chain Management merupakan sebuah solusi pendekatan manajemen material, informasi, financial pada suatu alur proses barang atau jasa yang di kelola secara efektf dan efisien dengan mengintegarasikan semua elemen baik  itu dari luar environment seperti supplier hingga internal enviontment seperti pengusaha, tempat pemprosesan barang (pabrik), gudang (tempat penyimpanan barang) dan pendistribusian barang hingga pengelolaan costomer sehingga menciptakan suatu hasil berupa waktu pemrosesan barang yang lebih cepat, biaya yang relatif murah dan peningkatan kepusasan pelanggan.

Baiklah untuk posting kali ini cukup sampai gambaran serta definisi Supply Chain Management. untuk posting berikutnya kita akan membahas lebih jauh dan lebih detail tentang supply chain management ini.

Keep learn, keep read and keep positive thinking so you can make different between you and others

 

Salam,

Yudha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar