Sabtu, 28 Januari 2012

Berkenalan Dengan Dunia ERP

ERP…ehm..Buat Kita yang awam dengan dunia Informasi Teknologi mungkin terdengar sedikit asing walaupun ada juga sahabat – sahabat saya meski kuliah di bidang IT namun masih asing dengan yang namanya ERP Doh. kalau di eja secara lengkap dalam bahasa ndesonya ERP yaitu Enterprise Resource Planning, kalau di terjemahkan bahasa gaulnya perencanaan sumber daya perusahaan/organisasi. Nah biar kita tidak ketinggalan informasi sama software canggih ini maka saya putuskan untuk menggangakat topik ERP ini.

introduction

Tujuan saya sebenarnya ingin mengingat kembali ilmu yang saya dapat sekaligus juga ingin berbagi ilmu serta kebetulan saya memang menggeluti dunia ini, topik ERP ini akan saya jadikan berseri dalam blog saya. Untuk seri pertama kita kenalan dulu yah sama salah satu cabang dalam dunia IT ini, kalau kata pepatah bilang “tak kenal maka tak sayang” hehe.

Bagi sahabat yang sedang membaca posting ini apabila tertarik ingin mempleajari Dunia ERP satu hal yang ingin sekali saya sampaikan bahwa mepelajari ERP ini bukan sekedar hanya mempelajari sisi IT nya saja. kalau Menurut saya, secara general untuk mempelajari dunia ERP ada terbagi dua :

1. sisi teknologi informasinya.Namanya juga sebuah software, sudah pasti sarat dengan ilmu komputer yang terkandung di dalamnya. kita dapat melihat bagaimana background proses yang bekerja di dalamnya. dan itu semua merupakan program yang amat sangat rumit dan canggih. belum lagi kalau kita masuk ke ranah Databasenya sudah pasti kita menemukan ribuan tabel – tabel yang menampung seluruh data-datanya. sebenarnya masih banyak hal yang belum saya jabarkan tapi nanti suatu saat saya pasti akan membahas hal ini lebih detail.

2. Sisi manajemen bisnis prosesnya. dalam mempelajari ERP kita juga di tuntut untuk mengerti proses bisnisnya seperti sebuah syrup tidak mungkin kan syrup rasanya manis kalau tanpa gula, nah begitu juga ERP, ga lengkap jika kita cuma mengetahui sisi ITnya saja tanpa mengetahui bagaimana proses bisnis yang terjadi di dalamnya. Apalagi seorang consultan ERP, penguasaan pross bisnis adalah yang utama di pelajari. membicarakan soal Proses bisnis sudah psti kita menyinggung ilmu – ilmu bidang yang terkait proses bisnisnya. seperti akuntansi, ekonomi, industri dll. contoh dalam ERP itu ada berbagai modul, seperti modul finance, Distribution dan human resuorce, nah ketiga nya memiliki bidang disiplin ilmu yang berbeda – beda. Oleh sebab itu mau tidak mau bagi seseorang yang ingin menggeluti dunia ini harus mau membuka diri untuk bidang – bidang ilmu yang terkait dengan proses bisnisnya tergantung kita ingin menguasai modul apa.

namun amat jarang terutama consultant ERP untuk dapat menguasai semua modul dalam suatu software ERP. biasanya mereka memiliki keahlian spesifik di modul tertentu. bukannya mereka tidka mampu untuk menguasai semua modul namun kerumitan dalam sebuah modul ERP memiliki tantangan yang cukup besar. belum lagi untuk setiap modul memiliki bidang ilmu masing – masing. contoh seorang cosnsultan ERP yang mendapat bagian modul finance, dia di tuntut untuk dapat menguasai seluruh behavior modul tersebut dalam segala kondisi belum lagi ia juga mesti di tuntut untuk menguasai ilmu ekonomi akutansi dll yang berkaitan dengan manejeen keuangan. Ga kebayang kan banyaknya serang cosnsultan ERP untuk mempelajari serta menguasai satu modul. makanya tidak heran jika seorang consultan atau functional ERP bisa berkarir di area manajemen sebuah perusahaan selain di tuntut untuk mengusai sis ITnya, mereka juga wajib mengetahui area bisnis prosesnya.

Sekarang Pasti para sahabat sudah mendapat gambaran sedikit bukan dengan ERP ini secara umumnya. Untuk seri berikutnya saya ingin memberiakan gambaran tentang asal usul ERP serta pengertian ERP itu sendiri.

So dont ever to stop learning something although little things cause sometimes from them we can find the great things Happy.

 

salam,

Yudha

1 komentar:

  1. based on the ERP article, the research could be a reference link below

    http://repository.gunadarma.ac.id:8000/207/1/Application_Lintang_Yunufa(4)52_55.pdf
    thank you

    BalasHapus